Senin, 25 Mei 2015

Tulisan Ilmiah & Non Ilmiah dan Resensi


  1. Jelaskan apa perbedaan tulisan ilmiah dan non ilmiah? Berikan contoh masing-masing 2 (dua)!
    Jawab : Perbedaan tulisan ilmiah dan non ilmiah adalah jika penulisan ilmiah itu hasil penelitian, harus memenuhi kaidah dan norma ilmiah, isinya lebih formal/baku, sistematis dan berurutan, serta penggunaan sumber harus ada. Sedangkan non ilmiah itu mengabaikan kaidah, penggunaan bahasa dan tulisan tidak formal/tidak baku, serta tidak harus menggunkan sumber
    Contoh karya tulis ilmiah adalah skripsi, tesis, makalah
    Contoh karya tulis non ilmiah adalah cerpen, novel, cergam 
   2. Dalam penulisan ilmiah, peran bahasa sangat penting, mengapa demikian? 
       Jawab : Karena penulisan ilmiah merupakan tulisan yang didasari hasil pengamatan, peninjauan,
       penelitian dalam bidang tertentu. Disusun menggunakan metode tertentu dan isinya harus bisa 
       dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jadi, penulisan ilmiah sangat memenuhi kaidah dan 
       norma serta penggunaan bahasa dan tulisan harus sangat diperhatikan 
 
  3. Sebutkan dan jelaskan jenis karya tulis ilmiah yang kamu ketahui!
      Jawab :
a.       Paper (Karya Tulis).  
      Paper atau lebih populer dengan sebutan karya tulis, adalah karya ilmiah berisi ringkasan atau resume dari suatu mata kuliah tertentu atau ringkasan dari suatu ceramah yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya.
      Tujuan pembuatan paper ini adalah melatih mahasiswa untuk mengambil intisari dari mata kuliah atau ceramah yang diajarkan oleh dosen, penulisan paper ini agak di perdalam dengan beberapa sebab antara lain, Bab I Pendahuluan , Bab II Pemaparan Data, Bab III Pembahasan atau Analisisdan Bab IV Penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran.
b.     Pra Skripsi 
    Pra Skripsi adalah karya tulis ilmiah pendidikan yang digunakan sebagai persyaratan mendapatka gelar sarjana muda. Karya ilmiah ini disyaratkan bagi mahasiswa pada jenjang akademik atau setingkat diploma 3 ( D-3). Format tulisannya terdiri dari Bab I Pendahuluan (latar belakang pemikiran, permasalahan, tujuan penelitian atau manfaat penelitian dan metode penelitian). Bab II gambaran umum (menceritakan keadaan di lokasi penelitian yang dikaitkan dengan permasalahan penelitian), Bab III deskripsi data (memaparkan data yang diperoleh dari lokasi penelitian). Bab IV analisis (pembahasan data untuk menjawab masalah penelitian). Bab V penutup (kesimpulan penelitian dan saran)
c.     Skripsi 
    Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat orang lain. Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta- fakta empiris-objektif baik berdasarkan peneliian langsung (observasi lapangan ) maupun penelitian tidak langsung (study kepustakaan)skripsi ditulis sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana S1. Pembahasan dalam skripsi harus dilakukan mengikuti alur pemikiran ilmiah yaitu logis dan emperis.
d.      Thesis
Thesis adalah suatu karya ilmiah yang sifatnya lebih mendalam dari pada skripsi, thesis merupakan syarat untuk mendapatkan gelar magister (S-2).
Penulisan thesis bertujuan mensinthesikan ilmu yng diperoleh dari perguruan tinggi guna mempeluas khazanah ilmu yang telah didapatkan dari bangku kuliah master, khazanah ini terutama berupa temuan-temuan baru dari hasil suatu penelitian secara mendalam tentang suatu hal yangmenjadi tema thesis tersebut.
e.      Disertasi 
    Disertasi adalah suatu karya tulis ilmiah yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta akurat dengan analisis terinci. Dalil yang dikemukakan biasanya dipertahankan oleh penulisnya dari sanggahan-sanggahan senat guru besar atau penguji pada sutu perguruan tinggi, desertasi berisi tentang hasil penemuan-penemuan penulis dengan menggunakan penelitian yang lebih mendalam terhadap suatu hal yang dijadikan tema dari desertasi tersebut, penemuan tersebut bersifat orisinil dari penulis sendiri, penulis desertasi berhak menyandang gelar Doktor.    

   4. Apa yang kamu ketahui tentang menulis resensi buku?  
      Jawab : Resensi buku adalah ulasan kembali tentang isi buku, menilai isi buku, maksud resensi 
      buku adalah untuk menyampaikan ke masyarakat apakah buku itu layak di konsumsi oleh  
      masyarakat atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar