Senin, 25 Mei 2015

Contoh Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, Catatan Kaki, dan Daftar Pustaka


  1. Kutipan langsung kurang dari 4 baris
-          Skripsi
“ Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip adalah dalam penguasaan konsep ”. (Hidayati, 2010).
-          Surat kabar
Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kompas (edisi 9 April 2015) megatakan bahwa “ Peserta didik tetap bisa mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri (PTN), berapapun nilai UN (ujian nasional) yang diperoleh”
      2. Kutipan langsung lebih dari 4 baris
-          Jurnal
Bimbingan kejuruan sangatlah penting bagi Sekolah Menengah Kejuruan karena pemberian kejuruan dapat membantu siswa untuk memaantapkan karirnya.
“Pemberian bimbingan kejuruan ternyata efektif untuk meningkatkan motivasi kerja para peserta kursus otomotif BLK, pemberian bibingan kejuruan tetap efektif, meskipun pengaruh sikap terhadap jabatan montir telah dikendaikan. Motivasi kerja para peserta kursus mempuunyai perasaan 10,10% dari variasi prestasi latihan dan potensi latihan pada kelompok yang diberi bimbingan kejuruan lebih tinggi disbanding yang tidak diberi bimbingan kejuruan ”. (Siswanto, 1994).
  
-          Internet
Kesulitan belajar sebenarnya dapat dialami oleh siapa saja, baik itu anak – anak, remaja ataupun orang dewasa. Kesulitan belajar sendiri memiliki beberapa factor yang mempengaruhinya, yaitu dari factor internal dan factor eksternal.
 “ Kesulitan belajar sendiri, dapat diartikan sebagai hambatan dan gangguan belajar pada anak dan remaja yang ditandai oleh adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf integensi dan kemampuan akademik yang seharusnya dicapai dan kesulitan belajar siswa dapat ditunjukkan oleh adanya hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Hambatan tersebut dapat bersifat psikologis, sosiologis maupun fisiologis. Hambatan tersebut menyebabkan prestasi belajar siswa yang dicapai berada di bawah semestinya ”.(Riadi, diunduh pada 19 April 2010)

      3.  Kutipan tidak langsung
-          Buku
System merupakan sehimpunan komponen atau subsistem yang terorganisasikan dan berkaitan sesuai dengan rencana untu mencapai suatu tujuan tertentu. Jadi system pendidikan merupakan sehimpunan komponen atau subsistem yang terorganisasikan dan berkaitan sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan pendidikan. (Amirin. 1992: 11.)
-          Internet
Kesulitan belajar merupakan kesukaran yang dialami siswa dalam menerima atau menyerap pelajaran, kesulitan belajar yang dihadapi siswa ini terjadi pada waktu mengikuti pelajaran yang disampaikan/ditugaskan oleh seorang guru. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar ialah suatu keadaan dimana anak didik tidak dapat menyerap pelajaran dengan sebagaimana mestinya. (Nurrahman, diunduh pada 03 Juni 2011)

      4. Kutipan catatan kaki
-          Buku
Terjadinya proses belajar, atau apakah suatu aktivitas itu memberikan pengalaman belajar, itu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Secara garis besarnya faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya proses belajar tersebut, dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yaitu faktor intern, yang ada dan berasal dari dalam diri pelajar {yang belajar}; dan faktor ekstern, yaitu kondisi dan situasi di luar diri si pelajar.[1]

-          Undang – undang peraturan pemerintah

Masalah pemerataan pendidikan timbul apabila mamsih banyak warga negara khususnya anak usia sekolah yang tidak dapat ditampung di dalaam system atau lembaga pendidikan karena fasilitas pendidikn itu telah dinyatakan bahwa tiap – tiap warga negara Republik Indonesi mempunyai hak sama untuk diterima menjadi murid suatu sekolah jika syarat – syarat  yang ditetapkan untuk pendidikan dan pengajaran pada sekolah itu dipenuhi. [2]








[1] Drs. Tadjab, Ilmu Jiwa Pendidikan, (Surabaya: KaryaAbditama, 1994), hal. 51-52 
[2] Undang – undang No. 4 Tahun 1950, bab XI pasal 17.



Daftar Pustaka.

          
           Ariadne, Larasati. 2015. “Hasil UN Tak Menjadi Hambatan Daftar PTN” Dalam    
                        Kompas, 9 April 2015. Yogyakarta.
Drs. Tadjab. 1994. Ilmu Jiwa Pendidikan, Karya Abditama, Surabaya:
TIM Bina Insan Mandiri 
Hidayati, Fajar. 2010. Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16
Yogyakartadalam Mempelajari Aljabar. Skripsi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan
           Siswanto, Budi Tri. 1994. “Pengaruh Bimbingan Kejuruan Terhadap Motivasi 
                        Kerja dan Prestasi Belajar”. Jurnal Kependidikan Nomor 3, tahun XXIV, 
                        11994.
Prof. Dr. Umar Tirtarahardja dan Drs. S. L. La Sulo. 2006. Pengantar Pendidikan. Edisi
revisi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Nurrahman, Arddhi. 2015. “ Macam Kesulitan Belajar Siswa ”, Dalam

Riadi, Muchlisin. 2015. “Pengertian Kesulitan Belajar”. Dalam
                    http://www.kajianpustaka.com/2012/12/kesulitan-belajar.html. diakses pada 
                   Minggu 19 April 2015 pukul 05:30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar