Senin, 25 Mei 2015

PKM



  • Jenis PKM
    1. PKM Kewirausahaan : Program Pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit (untung). Komoditas usaha yang dihasilkan berupa barang dan jasa.
    2. PKM Teknologi  : Program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dll) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha dll) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil atau koperasi) menengah atau berskala besar yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai  d dengan kebutuhan calon mitra program (penjual jasa, pedagang)
    3.  PKM Penelitian : Penelitian untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini.
    4.  PKM Pengabdian Masyarakat : Program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun ketrampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi dll. Harus ada perjanjian atau kesepakatan (MoU) dengan masyarakat sekitar.
    5. PKM Karsa Cipta : Program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain,  model/barang atau prototipe dan sejenisnya.
    6. PKM Artikel ilmiah : Program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan kelompok dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian masyarakat. Misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM dan magang.
    7. PKM Gagasan Tulis : Program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasam visioner kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan dapat mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi sistem yang berjangka panjang berdasarkan hasil karya pikir yang cerdas dan implementatif.
  • Alur PKM
    • Kreativitas Mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu yang pertama Bidang kegiatan yang terdiri dari : PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, PKM-KC, dan PKM-GT. dan yang kedua adalah PKM-AL. dari kedua bagian bidang tersebut masing-masing memiliki tahapan alulr yang berbeda. Pada bidang Kegiatan dilanjutkan PIMNAS, kemudian e-proceeding. Sedangkan pada bidang PKM-AL dibagi menjadi dua yaitu e-journal dan Jurnal Ilmiah Terakreditasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar